Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Kuliah Tamu Ambil tema “Membangun Digital Talent untuk Kemandirian Teknologi Indonesia” Hadirkan Rektor Telkom University

  • Bagikan
Caption : Kuliah Tamu Ambil tema “Membangun Digital Talent untuk Kemandirian Teknologi Indonesia” Hadirkan Rektor Telkom University

Denpasar, Balijani.id – Kuliah Tamu yang mengambil tema “Membangun Digital Talent untuk Kemandirian Teknologi Indonesia”. ini terasa sangat spesial karena menghadirkan langsung Rektor Telkom University sebagai dosen tamu. Lebih spesial lagi ini merupakan pertemuan tatap muka pertama yang dilakukan. Terselenggaranya kegiatan kuliah tamu ini berkat Kerjasama yang baik antara Progra

Kuliah Tamu ini terasa sangat spesial karena menghadirkan langsung Rektor Telkom University sebagai dosen tamu. Lebih spesial lagi ini merupakan pertemuan tatap muka pertama yang dilakukan.

Terselenggaranya kegiatan kuliah tamu ini berkat Kerjasama yang baik antara Program Studi Teknologi Informasi dengan Teklom University yang tertuang didalam Perjanjian Kerjasama antar Institusi.

Kuliah tamu yang berdurasi 2 jam diselenggarakan di Aula Suastika, Gedung Teknologi Informasi Fakultas Teknik Lantai 4, Kamis (31/04/2022). Turut hadir sebagai Undangan Koordinator Program Studi Teknologi Informasi dan Dekan Fakultas Teknik yang sekaligus membuka kegiatan kuliah tamu ini.

Prof. Dr. Adiwijaya dalam pemaparan materinya memberikan 10 skill yang diturunkan menjadi 4 skill utama yang wajib dimiliki Mahasiswa/i dalam era digital saat ini yaitu: Problem-Solving, Self Management, Working With People dan Technology Use and Development. Dengan bekal tersebut diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan digital, potensi digital dan kesiapan digital sehingga mampu berdaya saing untuk melihat peluang bisnis digital di Indonesia.

Dosen yang menyelesaikan Pendidikan S1, S2 dan S3 di Institut Teknologi Bandung ini juga menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang berfokus pada SDGs (Sustainable Development Goals) atau tujuan pengembangan berkelanjutan. Seperti diketahui 69% SDGs berhubungan dan membutuhkan teknologi sehingga mahasiswa diarahkan agar lebih inovatif dan terus berkarya demi kemajuan bangsa.

Kegiatan kuliah tamu ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi mahasiswa/i Program Studi teknologi Informasi khususnya. diakhir sesi pemaparan materinya
Guru Besar di Telkom University ini membagikan voucer kuota kepada peserta yang aktif berdiskusi selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan kuliah tamu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh program Studi Teknologi informasi Fakultas Teknik dengan mendatangkan pembicara dari kalangan Industri maupun institusi Pendidikan lain dari dalam dan luar negeri.

Selain memberikan nuansa akademik yang baru kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengetahui kehidupan industry lebih dini. Memberikan bekal pengetahun dan update perkembangan teknologi saat ini.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik Ir. I Ketut Sudarsana, ST, Ph.D. Menurut Dekan Fakultas Teknik Kegiatan seperti ini hendaknya dilaksanakan secara berkelanjutan dengan mendatangkan narasumber-narasumber yang berkompeten dibidangnya sehingga mahasiswa kita memiliki wawasan yang lebih luas baik mengenai kehidupan dunia industri maupun sistem Pendidikan pada institusi lain.

Membuka wawasan mahasiswa lebih awal ini merupakan roh dari kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan oleh kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi dan menjadi salah satu target Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dibebankan kepada semua institusi Pendidikan di Indonesia. “Kami mendorong dan memfasilitasi mahasiswa/i kami ikut dalam salah satu kegiatan MBKM” ujar Dr. Sudarsana.

Mahasiswa/i PSTI memiliki kesempatan yang sangat luas untuk menimba pengalaman praktis pada perusahaan-perusahaan IT kelas dunia seperti Google Bangkit, Imbuhnya.( 003/red )

Sumber : Unud.ac.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *