Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

HUJAN DERAS MINGGU 03 APRIL SEBABKAN BANJIR 3 DESA DI KECAMATAN RAWALO

  • Bagikan
Caption: HUJAN DERAS MINGGU 03 APRIL SEBABKAN BANJIR 3 DESA DI KECAMATAN RAWALO

Banyumas, Balijani.id – Terjadi banjir di beberapa daerah dalam kecamatan Rawalo kabupaten Banyumas
Hujan deras hari minggu (03/04/2022) jam 16.30 sampai jam 17.30 sebabkan daerah Pesawahan, Kalikulu, tipar, sidamulih beberapa rumah dan pekarangan warga tergenang 30 cm – 50 cm.

David Okta Nugraha anggota Forum Relawan Lintas Organisasi FORTASI Banyumas segera menuju lokasi di tiga wilayah desa terdampak.
David menjelaskan bahwa
Didesa Tipar Rt.01 Rw 02 penyebab meluapnya sungai Dare. Desa Pesawahan Rt.01, Rt 02 Rw.04, Rt.01, Rt 02 Rw 05 Penyebab meluapnya sungai Sungkalan. Desa Sidamulih Rt.01 Rw. 01 Irigasi Tajum meluap.
Rata2 ketinggian air di tiga desa 50 Cm dan merendam beberapa rumah penduduk.
Didapatkan Perbedaan elevasi ketinggian dasar sungai sampai ke muara Tajum dan Serayu cukup tinggi sehingga banjir hanya sebentar ujarnya.

Eddy Wahono Pembina Forum Relawan Lintas Organisasi FORTASI menyatakan bahwa permasalahan utama banjir di tiga desa yang karena ada dua sungai yang sudah tidak mampu menampung debit air sesaat akibat hujan yang deras sehingga meluap kepemukiman warga
Terjadi penyempitan penampang basah sungai dan pendangkalan.
Sedangkan untuk Irigasi Tajum sudah dilaporkan pada Balai Psda Serayu Citanduy diduga karena karena ada limpasan air dari embung di desa Sidamulih grumbul Karang kemiri Rt.01 Rw 01.
Lanjut Eddy sangat diharapkan peran dinas teknis untuk dapat meminimalisir banjir di tiga desa tersebut.(008/red )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *