Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Cegah Penyalahgunaan di Lapas Perempuan, Kanwil Kemenkumham Gandeng BNN Bali

  • Bagikan
Caption : Cegah Penyalahgunaan di Lapas Perempuan, Kanwil Kemenkumham Gandeng BNN Bali

Denpasar, Balijani.id – Demi menciptakan Lapas Bersinar (Bersih dari Narkoba) Kanwil Kemenkumham Bali melalui Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Kerobokan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali menggelar kegiatan Pencanangan Lapas Perempuan Kerobokan Bersinar dan Tes Urine bagi Pegawai bertempat di Lapas Perempuan Kerobokan pada Jum’at (01/04).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali Gde Sugianyar Dwi Putra), Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali Gun Gun Gunawan Plt Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan Ni Nyoman Budi Utami, Kepala Lapas Kelas IIA Kerobokan Fikri Jaya Soebing, beserta pejabat administrasi di Lingkungan Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan.

Sebelum acara dimulai, Kakanwil Kemenkumham Bali bersama Kepala BNN Provinsi Bali menyempatkan diri untuk melihat hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan LPP Kerobokan. Acara dibuka dengan Tarian Nusantara yang disajikan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan LPP Kelas IIA Kerobokan. Selepas Tarian Nusantara, Kepala BNN Provinsi Bali, Gde Sugianyar berkesempatan untuk memberi sambutan dan Sosialisasi kepada WBP Lapas Perempuan Kerobokan.

Dalam sambutannya, Gde Sugianyar mengapresiasi tarian yang disajikan oleh WBP. “Semeton Warga Binaan ini mempunyai kemampuan yang luar biasa di bidang seni,” ucap Kepala BNN Provinsi Bali.

Lanjut Sugianyar menyebutkan kegiatan pencanangan Lapas Bersinar ini merupakan Implementasi dari Inpres No 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) yang ditetapkan presiden guna meningkatkan peran serta semua lembaga Negara dan masyarakat dalam P4GN di mana peredaran gelap Narkoba yang semakin mengkhawatirkan.

“Pencanangan Lapas Bersinar ini merupakan bentuk sinergitas dan partisipasi lembaga Negara dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” tutup Gde Sugianyar.

Setelah sambutan dan sosialisasi oleh Kepala BNN Provinsi Bali, Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk dalam sambutannya menyampaikan sebagai Instansi Pemerintah di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lapas Perempuan Kerobokan haruslah menjadi instansi yang memiliki integritas tinggi dan juga ikut berperan aktif dalam memerangi Narkoba.

Oleh karenanya dengan dilakukannya Tes Urine kepada seluruh pegawai dan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan merupakan salah satu upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari sinergitas, kerjasama dan komitmen dalam mewujudkan pemasyarakatan maju dan bersih dari narkoba.

“Saya harap kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan untuk selalu mengikuti aturan-aturan lapas dan mendukung program-program pembinaan yang ada di lapas agar dapat mewujudkan tujuan pemasyarakatan yaitu menjadikan Warga Binaan sebagai manusia yang lebih baik lagi, berguna untuk keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa, dan tentunya bersih dari narkoba,” tandas Jamaruli.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga Tes Urine bagi pegawai Lapas Perempuan Kerobokan untuk mengantisipasi dan sebagai langkah nyata dalam pemberantasan penyalah gunaan dan peredaran gelap Narkotika. (002)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *