Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Tata Kelola Terkait Keuangan, JUPI UNUD Gelar Workshop Tata Kelola Publikasi dan Pengembangan Unud Jurnal

  • Bagikan
Caption : A.A Diah Parami Dewi, ST, MT, Ph.D Ketua Panitia

Denpasar, Balijani.id – Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Universitas Udayana menggelar Workshop Tata Kelola Publikasi dan Pengembangan Unud Journal bertempat di Ruang Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (29/3/2022). Workshop dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik mewakili Rektor Unud dan diikuti oleh pengelola jurnal dilingkungan Unud.

A.A Diah Parami Dewi, ST.,MT.,Ph.D selaku Ketua Panitia menyampaikan workshop yang diikuti 85 peserta bertujuan untuk memetakan kebutuhan pengelola jurnal dan untuk peningkatan tata kelola jurnal, khususnya tata kelola terkait keuangan jurnal di Universitas Udayana.

Adapun output yang diharapkan adalah para pengelola jurnal nantinya mendapat gambaran, informasi, saran dan masukan terkait pengelolaan keuangan dari jurnal yang dikelola seperti biaya untuk penerbitan sebuah artikel.

Pihaknya berharap workshop ini memberikan manfaat dan pemahaman terkait tata kelola keuangan dari jurnal sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas dan peringkat jurnal yang dikelola.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr.Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP dalam sambutannya menyampaikan merupakian kebanggaan sebagai Wakil Rektor yang menaungi Unit JUPI, yang terus menerus mengupayakan pengelolaan jurnal yang merupakan hasil pengabdian dari Dosen dan mahasiswa dilingkungan Unud.

Kita melakukan Workshop ini tentunya untuk peningkatan tata kelola jurnal dan mengidentifikasi kebutuhan unit salah satunya terkait tata kelola keuangan dimana salah satu narasumber dari SPI agar tidak keliru dalam pengelolaannya karena berdampak ke depan dalam pertanggung jawabannya.

Sebagaimana diketahui bahwa tidak semua jurnal harus berbisnis karena di difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan mutu.
Saat ini Universitas Udayana memiliki 116 jurnal yang termasuk didalamnya 11 jurnal yang embrio di LPPM, dan 87 terindeks SINTA.

Unud juga meraih ranking 3 nasional dibawah Unnes dan Undip. Untuk scopus ada 2, web of science 3 jurnal dan mudah-mudahan bisa naik lagi, indeksasi DOAJ 43 jurnal.

Prestasi lainnya yaitu perolehan rangking 4 publisher garuda. Untuk semua Raihan tersebut, Wakil Rektor berterima kasih kepada pengelola jurnal dan tentunya Tim JUPI dan pengelola memiliki terobosan baru untuk pengembangan kedepannya.

Pihaknya tetap akan membackup melalui pemberian reward bagi jurnal yang gradenya bagus. Dibawah koordinasi ketua yang baru diharapkan harus merefresh tahapan perencanaan yang baru dan JUPI agar memfasilitasi unit-unit yang ada. Komitmen sangat dibutuhkan untuk hal ini.

Workshop ini menghadirkan tiga narasumber yakni Ketua Unit JUPI sebelumnya yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris LPPM Unud yakni Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST.,M.Sc.,Ph.D.,IPM dengan materi Baseline Unud Journal, Ketua Unit JUPI Gusti Ayu Putu Candra Dharmayanti, ST.,M.Sc.,Ph.D dengan materi Pemetaan Kebutuhan Pengelola Jurnal Unud Program JUPI 2022 dan Sekretaris SPI Unud Dr. Ni Made Adi Erawati, SE.,M.Si dengan materi Tata Kelola Keuangan Jurnal serta moderator Ainul Ghurri, ST.,MT.,Ph.D.(003/red)

Sumber :
https://www.unud.ac.id/in/berita4432-Tingkatkan-Tata-Kelola-Jurnal-JUPI-Unud-Gelar-Workshop-Tata-Kelola-Publikasi-dan-Pengembangan-Unud-Journal.html

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *