UNUD Bekerjasama Dengan DPR RI Sosialisasi Magang Di Rumah Rakyat

  • Bagikan
Cpation : UNUD Bekerjasama Dengan DPR RI Sosialisasi Magang Di Rumah Rakyat

Denpasar, Balijani.id – Universitas Udayana bekerjasama dengan DPR RI menggelar Sosialisasi Magang Di Rumah Rakyat yang berlangsung secara hybrid dengan titik lokasi utama di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks, Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (29/3/2022).

Sosialisasi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan dihadiri oleh para Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III, Koorprodi, Koordinator MBKM, Juru Bicara Rektor dan mahasiswa. Hadir selaku narasumber dalam sosialisasi ini Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Dr. Indra Palepi, S.IP.,M.Si.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU menyampaikan sejak dicangkankan program MBKM oleh Menteri melalui Permen Nomor 3, dan sejak diundangkan, maka harus segera mengejar target kinerja dengan membentuk Tim Pokja MBKM.

Program MBKM ini memberikan hak kepada mahasiswa selama tiga semester untuk mengembangkan softskill dengan belajar atau magang, sehingga mampu beradaptasi dengan dunia kerja menuju Indonesia Emas.

Program Magang di Rumah Rakyat DPR RI ini sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2021 dan salah satu mahasiswa Unud mengikuti magang di DPR.

Diharapkan nantinya akan lebih banyak mahasiswa yang melaksanakan magang di DPR RI, sehingga mengetahui bagaimana dapurnya DPR, mahasiswa bisa belajar bagaimana sidang komisi, fungsi legislasi dan pengawasannya, big data dan banyak lagi hal yang bisa dipelajari dari mentor di DPR RI, dan bisa mengisi kuota program ini yang hanya disesiakan untuk 200 orang mahasiswa untuk seluruh Indonesia.

Narasumber Dr. Indra Palepi dalam materinya menyampaikan DPR RI tahun 2022 ini kembali menjadi mitra untuk mengenalkan tugas dan fungsi DPR RI. Metode pembelajaran sesuai standar dari Kemdikbudristek yaitu learning outcome dan learning journey, dengan 900 Jam Pelajaran dengan penerapan di dunia kerja. Sebagaimana diketahui, DPR RI juga mendapat Anugerah dari Dikti sebagai mitra program terbaik di tahun 2021.  Pihaknya berharap mahasiswa Unud dapat antusias untuk mendaftar dan lolos, dimana tahun lalu baru 1 atas nama Joshua dari Fakultas Hukum.

Perguruan Tinggi memiliki potensi yang tercepat untuk menghasilkan lulusan dengan kualitas terbaik dan berdaya saing, sehingga dibutuhkan program yang memfasilitasi hal tersebut seperti MBKM. Posisi saat ini yang banyak mengikuti magang di DPR RI berasal dari Undip, UI, dan Universitas Padjajaran. Sejauh ini ada beberapa mahasiswa yang mengundurkan diri  karena konversi nilai yang belum bisa diakui oleh universitasnya. Program magang di parlemen tahun ini berlangsung selama 900 Jam Pelajaran yang akan dimulai 1 Agustus Р3 Desember 2022.

Disamping itu ada juga program framework, kuliah umum, audiensi, observasi: melihat dan dapat mengamati bagaimana rapat komisi berlangsung, magang: bagaimana praktek kerja di DPR; simulasi: akan dilakukan simulasi siapa yang berperan sebagai pimpinan atau peserta sidang dan evaluasi.

Dalam pelaksanaan magang di DPR, mahasiswa diberikan uang saku dari Dikti dan akomodasi, mentor profesional, ID Card, Sertifikat, Layanan Kesehatan, Akses Perpustakaan, dan Fasilitas Olahraga.

Proses seleksi dilakukan melalui pendaftaran di platform Kemdikbudristek MBKM, dengan mengikuti tahapan berupa seleksi administrasi, Tes dan wawancara. Sosialisasi ini dapat disaksikan kembali melalui akun youtube UdayanaTV.

Sumber :
https://www.unud.ac.id/in/berita4433-DPR-RI-Sosialisasikan-Magang-Di-Rumah-Rakyat-di-Universitas-Udayana.html

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *