Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Pertanian UNUD Kembangkan Desa Buahan Sebagai Sentra Agrowisata Organic Farming

  • Bagikan
Caption : Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Pertanian UNUD Kembangkan Desa Buahan Sebagai Sentra Agrowisata Organic Farming

Bangli, Balijani.id – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Pertanian Universitas Udayana yang bertema ”Pengembangan Desa Buahan Sebagai Sentra Agrowisata Organic Farming Kabupaten Bangli” dilaksanakan di Kantor Perbekel Desa Buahan, Kabupaten Bangli, Jumat (25/03/2022).

Kegiatan ini diketuai Dr. Ir. Ni Luh Kartini MS., yang juga dihadiri oleh I Made Antara, selaku Bendesa Adat Desa Buahan. Kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang rutin dilakukan oleh dosen di lingkungan Universitas Udayana, yang bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu maupun inovasi yang dimiliki dosen kepada masyarakat luas.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi mengenai teknik melakukan kegiatan pertanian secara organik, yang dilanjutkan dengan observasi lahan yang akan dijadikan lokasi pengembangan pertanian organik di Desa Buahan.

Disamping dilakukan oleh dosen, sebagai bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai pelaku kegiatan pengabdian. Sebanyak 10 orang mahasiswa dari Prodi S1 Agribisnis, S1 Agroekoteknologi dan S1

Arsitektur Lansekap ikut terlibat dalam kegiatan yang dilaksanakan di desa yang berada di pinggir Danau Batur di Kabupaten Kintamani ini.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat/petani di Desa Buahan mampu untuk mengembangkan pertanian organik yang memiliki potensi untuk mengembangkan hal tersebut.

Selain itu juga, dosen yang juga selaku peneliti mampu memberikan/menyebarluaskan hasil penelitian maupun inovasinya sehingga memberikan dampak kepada masyarakat, dan juga memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa terjun langsung melihat permasalahan yang terjadi secara riil di lapangan dan melatih kepekaan mahasiswa terhadap isu terfaktual yang terjadi di masyarakat.(003/red)

Sumber : Unud.ac.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *