Menu
Berita Sarin Gumi Nusantara

Kunker Kapolri ke Bali, Kukuhkan Bakamda dan Sipandu Beradat

  • Bagikan

Denpasar, Balijani.Id – Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes bersama Gubernur Bali Wayan Koster menyambut kunjungan kerja Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, Jalan Nusa Indah, Denpasar Bali, Jumat, (28/1) siang.

Kunjungan kerja Kapolri beserta rombongan tersebut dalam rangka Pengukuhan Bakamda (Badan Keamanan Swakarsa) dan Sipandu Beradat (Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu yang Berbasis Desa Adat).

Kapolres Badung menyebutkan Sipandu Beradat tersebut merupakan pengamanan swakarsa dengan mengutakan kearifan lokal yang memiliki keahlian sebagai pacalang, Linmas, Satpam dengan kewenangan Kepolisian terbatas.

“Ini sudah diatur sesuai Pergub no. 26 tahun 2020 yakni sistem pengamanan lingkungan masyarakat yang ditopang dengan SDM yang berkwalitas, sarana prasarana dan teknologi yang memadai untuk melakukan pengamanan di wilayah wawidangan, krama desa, krama tamiu dan tamiu, di desa adat,” jelas Leo.

Ia mengajak masyarakat Bali, khususnya Kabupaten Badung menjaga Sipandu Beradat ini dengan baik, sehingga apa yang diharapkan khususnya di wilayah Kabupaten Badung mengembalikan pertumbuhan ekonomi mengembalikan kegiatan wisata internasional dengan berbagai macam budaya adat dan seni yang ada di dalamnya berjalan dengan baik.

Kapolres Badung menambahkan Sipandu Beradat ini adalah kegiatan preventif terbatas. Di antaranya pengaturan lalu lintas dalam kegiatan adat, budaya, dan keagamaan, penjagaan lokasi tempat hiburan yang rawan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat.

Selain itu pengawalan kegiatan kemasyarakatan, patroli ke tempat-tempat yang berpotensi rawan keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat dan pengawasan ketertiban lingkungan di wilayah krama desa adat, krama tamiu, dan tamiu di wilayah desa adat.

“Ini kegiatan preventif yang dilaksanakan di desa adatnya masing-masing oleh Pacalang, Pam Swadaya, dan bantuan perkuatan dari Kepolisian (Bhabinkamtibmas), Babinsa dan Linmas,” tutup Leo. (002/Red)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *